Laman

Jumat, 20 Mei 2011

Petrichor



Seneng banget rasanya kalo hujan. Kan hujan itu bawa berkah... Menurutku juga, hujan itu salah satu fenomena terindah di Bumi yang sering dilihat. Walaupun cuaca sekarang gak nentu kapan hujan kapan panas, ya teteplah, hujan itu dinanti. Apalagi kalo semisalnya pagi-pagi, OTW ke  sekolah pas lagi hujan... Wah keren lah itu! Satu hal lagi yang paling aku senengin waktu hujan. Ada wangi-wangi yang khasnya hujan gitu. Bukan bau airnya, tapi bau tanah atau batu. Tau yang aku maksud?

Wangi yang aku maksud diatas itu namanya Petrichor. Lucu ya? :D

Dapet info dari Wikipedia, ternyata Petrichor adalah bau hujan yang merupakan salah satu minyak atsiri yang diproduksi oleh tumbuhan, yang kemudian diserap oleh tanah liat, dan kemudian dilepas ke udara pada saat hujan. 
Dalam mitologi Yunani, Perichor juga memiliki makna aroma dari hujan di bumi kering (Petrichor (diucapkan / pɛtrɨkər / ; dari Yunani "petra" batu + nanah cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa dalam mitologi Yunani)
Istilah Petrichor sendiri dikemukakan oleh dua orang berkebangsaan Australia, Bear dan Thomas.


Pas udah cuaca hujan, Petrichornya semerbak, ini adalah salah satu hal yang terindah yang aku rasain. Bisa mengenang masa lalu (ciyeee :3), bisa mengoreksi diri, ya yang penting positif...
Intinya jangan lupa baca do'a turun hujan aja;


اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Alloohumma shoyyiban naafi‘aa
“Ya Allah curahkanlah hujan yang memberikan manfaat.” 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar