Laman

Rabu, 01 Juni 2011

Jum,at, Hujan Meteor Eta Aquarid Mencapai Puncak


Pengamat langit kembali akan disuguhi pemandangan memukau. Hujan meteor yang berasal dari serpihan komet Halley ini mencapai puncak setelah lama tak muncul. Seperti apa?
Hujan meteor Eta Aquarid diprediksi mencapai puncak pada Jumat dini hari (6/5).
Menurut Peneliti Bidang Matahari dan Antariksa LAPAN Johan Muhammad, pemandangan menakjubkan ini bisa dilihat jika memenuhi kondisi ideal, yakni langit gelap dan tak berbulan.




“Hujan meteor ini bisa dilihat dengan mata telanjang terlebih saat ini sedang berada dalam bulan baru dengan langit akan lebih gelap. Mereka yang ingin melihat hujan meteor ini bisa menghadap timur dan mencari tempat yang minim polusi cahaya”, ungkapnya saat diwawancara INILAH.COM.

Sebanyak 30-60 meteor akan muncul tiap jamnya. Karena bulan baru sudah terjadi pada 3 Mei lalu, maka hujan ini bisa dilihat dengan kondisi sempurna. Hujan meteor ini sebenarnya sudah mulai muncul sejak 3-4 hari sebelum 6 Mei.
Namun mereka yang berada di utara ekuator akan kesulitan melihat hujan ini. Komet Halley butuh 75 tahun mengitari matahari dan akan muncul kembali melewati Bumi pada musim panas 2061.

Source: Inilah.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar